Jumat, 17 Februari 2012

Trial motor sport atau observed trial motorcycle adalah olahraga yang menggunakan sarana motor yang tidak berorientasi speed, namun lebih mementingkan ketrampilan atau penguasaan kendaraan dalam menghadapi obstacle atau halangan/rintangan. Olahraga ini sangat populer di Eropa khususnya di negara Inggris dan Spanyol.

Motor yang digunakan untuk olahraga ini biasanya didesain secara minimalis baik dari segi bentuk maupun beratnya, namun mempunyai torsi yang besar dan lingkar putar kemudi yang kecil serta menggunakan ban jenis khusus yang mempunyai daya cengkeram lebih besar.  Motor trial  modern berbeda dengan motor trial klasik, yang dibuat tanpa saddle agar lebih memudahkan dalam melakukan manuver.
Tehnik ketrampilan mengendarai yang dipakai dalam trial motorsport bahkan banyak diaplikasikan pada jenis-jenis olah raga motor offroad  yang lain seperti crosscountry atau trail maupun enduro offroad.


Dalam event olahraga motor ini biasanya rider atau pengendara dituntut untuk menyelesaikan beberapa putaran  section  yang berisi beberapa obstacle, dimana kaki si rider diusahakan sesedikit mungkin menyentuh tanah atau non-footing. Obstacle dapat berupa alami ataupun buatan.
Setiap section dan obstacle dapat dipakai oleh berbagai macam kelas yang disesuaikan dari skill pengendara. Bahkan orang yang sudah lanjut usia, wanita, maupun anak-anak dapat mengikuti event trial.
Setiap rider yang melewati section akan dinilai dan diawasi oleh beberapa observer atau pengawas.

Kesempurnaan ataupun kemenangan ditentukan dari berapa kali  kaki  rider menyentuh tanah. Semakin sedikit menyentuh tanah berarti semakin sempurna dan mempunyai kemungkinan untuk menang lebih besar.
Setiap kali rider menyentuh tanah disebut melakukan dabs, dan dikenakan penalti satu point. Jika melakukan 2 kali kaki menyentuh tanah dikatakan two dabs, begitu seterusnya dengan jumlah maksimal penalty sebanyak 5 kali. Sedangkan apabila kedua kaki  menyentuh tanah atau pun rider keluar dari lintasan, maka rider langsung mendapat penalty 5 point.
Rider dikatakan sempurna jika mendapat 0 point, atau biasa disebut Clean atau cleaning the section. Sedangkan dikatakan gagal jika mendapat 5 point, atau disebut Fiasco.
Pemenang ditentukan berdasarkan jumlah terkecil point dari seluruh section  yang dicapai masing-masing rider. Sedangkan apabila ada 2 atau lebih rider yang mempunyai nilai point yang sama maka akan ditentukan pemenangnya berdasarkan waktu terpendek yang dicapai dari rider-rider yang mempunyai point terkecil tersebut.

Belakangan ini motor jenis trial sedang ngetrend di Indonesia khususnya di daerah sekitar Solo, Jogja dan Magelang. Beberapa motor trial merupakan hasil modifikasi dari motor-motor lokal yang beredar di Indonesia dan beberapa motor trial dalam bentuk built-up. 
Meskipun sudah menjamur dan ngetrend,  namun penggunaan motor-motor trial tersebut dapat dikatakan tidak maksimal. Biasanya mereka hanya menggunakannya dalam event trail adventure atau kegiatan long trip offroad, dimana kegiatan tersebut lebih cocok menggunakan motor jenis trail atau enduro.
Memang hal ini tidak salah, karena motor trial tersebut lebih ringan dan minimalis.

Dalam beberapa kasus sangat disayangkan penyebutan track ekstrem dalam event trail sebagai track trial. Dimana hal tersebut sebenarnya merupakan track trail/enduro dengan level hard. Dalam event tersebut seringkali kita lihat rider berusaha mencapai ketinggian dengan susah payah kecepatan tinggi, tidak tertutup kemungkinan ditarik rekan lain atau pun yang terburuk terjadi kecelakaan fatal. Sekali lagi perlu ditegaskan bahwa disiplin dalam olahraga motor trial adalah non-speed and  non-footing, entah itu dalam track light,medium, hard ataupun very hard/ekstreme. Olahraga motor trial tidak mementingkan hasil akhir atau tidak sekedar mencapai tujuan, namun mengutamakan proses dalam mencapai tujuan atau ketrampilan pengendaraan motor. Dan tentu saja hal ini tidak terlepas dari aspek safety yang disesuaikan dengan skill pengendara. Trial motorsport is the art of motor riding..

Sumber : Wikipedia - Motorcycle trials

Berikut adalah beberapa contoh Trial Section yang dilakukan sebuah komunitas motor trial di kota solo...

Trial Motor introduction by Babahe- IMLAS




Trial Section 1



Trial Section 2


Trial Section 3


2 komentar:

  1. A Greet Aprreciation for Writer, banyak baca dan belajar sejarah Trials juga Otobiografi riders trials... Saya yakin tulisan selanjutnya jauh lebih bagus..!!

    World Trials Regulation (FIM Trials) juga terus berkembang dari waktu ke waktu sesuai tuntutan jaman, dan regulasi yg ditulis di atas sekarang sudah berubah.. Tapi tidak lepas dari Regulasi inti yaitu DUBS FINALTY.

    Dan untuk mensosialisasi hal itu tidaklah mudah karena Basic dari Offroader tanah air adalah mencari Kesenangan.
    Perlu usaha dan kerja keras bahkan kerjasama yang NYATA untuk Memajukan Olahraga jenis Moto Trials ini.

    Trial Tracker sudah 7 tahun mengenalkan olahraga Moto Trials ini, bahkan beberapa offroader sudah jauh lebih dulu mencoba mengenalkan Moto Trials ini di Indonesia.

    Berkat bantuan media cetak maupun TV, sekarang Olahraga Moto Trials ini sudah menjadi Istilah yang tidak asing di Dunia OTOMOTIF INDONESIA.

    Kalau penulis mau mempelajari lebih jauh mengenai Moto Trials ini, insyaallah akan mendapati beberapa classifikasi Moto Trials ini yaitu :
    - Trials Competition
    - Trials Show
    - Trials Adventure ( yang sekarang sedang berkembang di Eropa dan Amerika ).

    Sehingga beberapa maker membuat jenis Motor Trials :
    #GAS GAS ( ada TXT PRO, PRO RACING, dan Rider's Specs/ Raga Edition, Randonne).
    #MONTESA ( COTA 4RT, Repsol Edition, Bou's edition)
    #SHERCO ( Sherco 125/250/290, Cabestany Edition)
    #SCORPA ( SR280, SR280Long Ride/ SY250F, SY250F Long Ride, etc)

    Yang tentunya type-type trials tersebut digunakan sesuai dengan karakternya masing-masing, mulai dari Trials Adventure, Show maupun Competition baik National / World Trials.

    TERLEPAS dari apapun yang terjadi.... Pokok Bahasan Penulis PATUT di acungi jempol dan merupakan gayung bersambut yang perlu di tindak lanjuti.

    Yang dibutuhkan adalah "KOMITMENT & KONSISTEN" dari para pelaku Moto Trials di Indonesia.
    Karena hadirnya Olahraga Moto Trials ini telah membuka PELUANG KERJA bagi para SENIMAN MOTOR untuk menghadirkan karya MODIFIKASI yang tentunya menguntungkan bagi kedua belah pihak baik MODIFIKATOR maupun RIDERnya.

    Bahkan para penyalur accesories/ parts motor yang tadinya TIDAK PEDULI dengan Moto Trials ini sekarang sudah ambil bagian untuk menyediakan barang-barang yang berbau Moto Trials.
    Tentu saja hal ini juga menguntungkan para pelaku Moto Trials untuk mendapatkan Kemudahan mendapatkan barang keperluan Moto Trials...
    FANTASTIC DEMAND ... !!!!

    Saya menggunakan Istilah Moto Trials sebagaimana istilah di World Trials, karena di Indonesia juga sudah hadir Olaharaga BIKE TRIALS yang sekarang sudah eksist baik di Event SHOWS maupun KOMPETISI ... !!

    Semoga tambah MAJU dan BERKEMBANG olahraga Moto Trials di Indonesia ... !!!

    AMIN ... !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada saudara Patrick Arny atas perhatiannya terhadap perkembangan trials motosport, khususnya di tanah air. Semoga wacana di atas dan informasi yang anda berikan dapat semakin memajukan dan menambah perkembangan baik bagi pelaku maupun pencinta trials motosport di Indonesia.
      Salam offroader..!!!

      Hapus